Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Menurut situs Wikipedia, konstipasi atau dikenal juga dengan istilah sembelit adalah gangguan pada sistem pencernaan dimana terjadi pengerasan tinja sehingga sulit untuk bisa dikeluarkan. Kondisi gangguan pencernaan seperti ini juga dapat disertai dengan rasa sakit pada daerah perut. seperti halnya orang dewasa, si bayi pun dapat mengalami sembelit.
Konstipasi pada anak balita dapat terjadi selama beberapa hari, minggu dan bahkan selama beberapa bulan. Kondisi seperti ini dapat pula disertai dengan keram perut, namun terkadang bisa tidak disertai dengan gejala yang jelas sehingga tidak teridentifikasi dalam waktu yang cukup lama.

Penyebab konstipasi pada anak balita

Pada umumnya sembelit pada pada anak balita dapat disebabkan oleh pola makan yang kurang tepat. Penyebab utamanya adalah:
  1. Kurang minum
  2. Kurang mendapat asupan makanan berserat seperti makanan buah-buahan, asupan sayuran, biji-bijian, dan sereal
  3. Terlalu banyak diberikan makanan rendah gizi (junk foods)
  4. Genetis atau turunan dari orang tua
  5. Tidak rutin buang air besar (BAB) misalnya karena sering menahan BAB saat latihan BAB di toilet. Sebagian anak-anak akan mengalami ketakutan ketika masuk kamar mandi sehingga cenderung menahan BAB dalam waktu lama sehingga dapat menyebabkan penumpukan dan pengerasan tinja didalam perut.
Beberapa kondisi tubuh yang disertai dengan deman, diare, atau muntah yang dapat bisa mengakibatkan berkurangnya cairan dalam tubuh yang dapat mengakibatkan kostipasi pada si bayi. Penggunaan beberapa obat dari jenis-jenis morpin, meski sangat jarang sekali, tetapi bisa menjadi pemicu terjadinya sembelit.

Cara alami mengatasi sembelit dengan mudah pada anak bayi

Sebagian besar masalah sembelit pada balita atau anak dapat disembuhkan dengan cara merubah pola makan dan gaya hidup. Mengatasi ganguan pencernaan seperti ini dapat memakan waktu yang cukup lama, oleh sebab itu kesabaran ayah bunda dan komitmen dari anggota keluarga lain untuk mendukung proses penyembuhan si kecil menjadi sangat penting. Berikut ini ada tiga cara mengatasi dan meredakan gejala sembelit si buah hati.
  1. Berikan si kecil cairan yang cukup terutama air putih. Dari situs BabyCenter, anak yang berusia 1-3 tahun memerlukan cairan 1,3 liter perhari.
  2. Pastikan si kecil mendapatkan asupan buah-buahan dan sayuran setiap harinya. Ada beberapa jenis buah dan sayur yang sangat direkomendasikan ahli utuk dapat meredakan penyakit sembelit adalah buah apel, pepaya, kurma, buah pir, aprikot, brokoli, kubis, kembang kol, selada, dan kacang polong. Konsumsi juga makanan-makanan tinggi kandungan serat lainya.
  3. Hindari makanan yang dapat mengakitbatkan sembelit. Ada beberapa jenis asupan makanan yang berserat rendah dan dapat dipercaya memicu terjadinya sembelit, termasuk diantaranya biskuit, nasi putih, keripik kentang dan terlalu banyak mengkonsumsi produk olahan-olahan susu tanpa disertai konsumsi serat yang cukup juga sehingga dapat menyebabkan sembelit.
0 Komentar untuk "Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi"

Back To Top